Service Perbaikan Mesin Pendingin (Cold Storage)

Solusipendingin.com – Service Perbaikan Mesin Pendingin (Cold Storage), Cold Storage memiliki beberapa komponen yang saling terikat satu dengan yang lain. Apabila salah satu dari komponen tersebut rusak, maka kinerja ruang pendingin tidak lagi maksimal. Suhu udara yang dihembuskan juga tidak dingin. Maka diperlukan beberapa perawatan mesin sebagai berikut:

1. Pengecekan Tekanan Freon

Salah satu komponen cold storage yang mungkin sering kamu dengar yaitu freon atau refrigerant. Freon sendiri berupa cairan yang fungsinya untuk memberi hawa sejuk sehingga hawa di dalam ruangan menjadi dingin. Pada sistem kerja cold storage, takaran dari freon haruslah pas. Kelebihan dan kekurangan freon akan menyebabkan masalah pada mesin.

Pengecekan tekanan freon dilakukan menggunakan alat bernama manifold gauge. Alat ini secara otomatis akan menunjukkan apakah tekanan freon tinggi ataupun rendah. Tekanan tinggi biasanya ditunjukkan dengan garis merah. Sedangkan, tekanan rendah biasanya ditunjukkan dengan garis biru.

Agar freon tetap awet, usahakan untuk melakukan pengukuran terhadap tekanannya secara rutin. Pastikan tekanan freon tidak berlebih ataupun rendah.

2. Pembersihan Kondensor

Kondensor berfungsi sebagai alat penukaran kalor, menurunkan temperatur refrigrant dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor dalam sistem cold storage merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigrant bertekanan tinggi menjadi cairan. Kerja alat tersebut menghilangkan panas dari refrigerant ke temperature atmosfir. Kondensor terdiri dari coil dan fan yang berfungsi mendinginkan refrigerant ketika udara tertiup diantaranya. Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas (fan motor).

Agar proses pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip. Untuk itu, pembersihan sirip-sirip pipa kondensor sangat penting agar perpindahan kalor refrigrant tidak terganggu. Jika sirip-sirip kondensor dibiarkan dalam kondisi kotor, akan mengakibatkan mesin pendingin menjadi kurang maksimal dan pemakaian listrik yang semakin besar serta  akan mengakibatkan kerusakan pada unit kompresor.

Kondensor harus dibersihkan dari debu yang menempel menggunakan kuas maksimal secara berkala. Jika unit kondensor dibantu fan kondensor Bersihkan fan kondensor dan lumasi motor fan kondensornya..

3. Pembersihan Evaporator

Evaporator adalah alat untuk menguapkan refrigerant di dalam pipa-pipa dan kemudian mendinginkan fluida yang lewat di luar pipa tersebut. Evaporator dibersihkan dari kotoran yang menempel menggunakan kuas atau sikat. Jika unit Evaporator memiliki bunga es cairkan  dengan mematikan mesin dan biarkan cair dengan sendirinya, jangan coba membersikanya dengan memukul atau mencongkelnya dengan benda tajam karena bisa merusak unit Evaporator. Bersih dan kotornya unit Evaporator berpengaruh besar dalam proses pendinginan suatu mesin pendingin, jika Evaporator kotor maka proses pendinginan berjalan dengan lambat atau bahkan tidak dingin sama sekali.

4. Pengecekan Komponen-Komponen Mesin

Pengecekan komponen lainnya terdiri dari pengecekan kabel-kabel yang sudah kering karena suhu panas, pengecekan tegangan dan ampere (memastikan mesin bekerja pada batas tegangan dan ampere yang seharusnya seperti tertera pada plat kompresor, jika bekerja diatas atau dibawah tegangan dan ampere yang diijinkan maka harus di cari penyebabnya dan diperbaiki), dan pengecekan pipa-pipa pendingin.

Hubungi Kami untuk info lebih lanjut di Whatasapp 0812-8223-619

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Let's talk

Hubungi kami atau isi formulir di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda. Kami berusaha untuk menjawab semua pertanyaan dalam waktu 24 jam pada hari kerja.